Tips Beli Tanah Kavling Agar Untung Terus

Ketika berencana untuk membangun rumah maka terlebih dahulu, Anda harus menyediakan yang namanya tanah kosong. Saat ini tanah kosong khususnya tanah kavling banyak menjadi incaran tidak hanya untuk membangun rumah tapi juga sarana investasi yang menjanjikan. Seperti diketahui tanah dijual dengan harga yang terus meningkat setiap tahunnya apalagi untuk daerah yang berkembang.

Saat ini, Anda bisa menemukan harga tanah yang murah dan juga terjangkau sesuai kebutuhan namun perhatikan lokasi. Dan juga Anda harus mempertimbangkan banyak hal agar bisa menemukan tanah yang tepat dan terhindar dari resiko tertipu.

Beli Tanah Kavling

Berikut ini beberapa tips membeli tanah kavling agar untung terus.

1. Survei Kondisi Tanah

Di zaman serba canggih seperti sekarang, tentu Anda bisa menemukan tanah di situs jual beli online. Namun sangat penting untuk menyerupai terlebih dahulu bagaimana kondisi tanah dengan melihat apa kontur dan jenis tanah yang akan dibeli. Khususnya bagi Anda yang ingin membangun sebuah rumah atau bangunan lainnya maka perhatikan apakah tanah tersebut layak untuk mendirikan bangunan.

Ketika membeli tanah untuk dibangun maka perhatikan kontur tanah yang miring. Karena untuk mendirikan sebuah bangunan maka anda tidak boleh mencari kontur tanah yang miring kecuali memang sengaja ingin membuat bangunan yang unik.

Selain kondisi tanah perhatikan juga lokasi yang strategis saat beli tanah untuk sarana investasi. Lokasi strategis yang didukung dengan infrastruktur memadai akan membuat harga tanah terus meningkat di beberapa tahun ke depan.

2. Periksa Kelengkapan

Kemudian yang tak kalah penting jika ingin beli tanah kavling adalah cek terlebih dahulu dokumen kelengkapan. Jangan sampai membeli tanah yang bermasalah, karena akan berhadapan dengan hukum di depan. Pastikan saat beli tanah Anda sudah mengecek apakah tanah tersebut merupakan tanah sengketa atau tidak.

Anda bisa mengunjungi kantor BPN atau Badan Pertahanan Nasional bersama penjual tanah untuk mengecek tanah tersebut. Di BPN Anda bisa mengecek keaslian sertifikat tanah berdasarkan peta pendaftaran, daftar tanah, surat ukur hingga buku tanah.

Pastikan juga keaslian sertifikat tanah agar anda terhindar dari penipuan. Saat ini ada banyak kasus penipuan jual beli tanah dengan sertifikat palsu yang sangat merugikan bagi pembeli tanah.

3. Cek Fasilitas Pendukung

Selain lokasi yang strategi sangat penting juga untuk memastikan lokasi tanah kavling bisa dijangkau oleh berbagai fasilitas. Seperti misalnya fasilitas jaringan listrik, air bersih dan tempat pembuangan sampah atau TPS. Terlebih jika anda ingin membeli tanah dengan harga yang murah dan lokasinya agak ke pelosok.

Maka Anda harus pastikan apakah jaringan PLN tersedia dan berapa jarak lokasi antara tanah kavling dengan jaringan listrik terdekat. Perhatikan suplai air misalnya dengan memanfaatkan jaringan PDAM apakah lancar atau tidak. Jika tidak ingin menggunakan PDAM, maka Anda bisa cek kondisi air tanah apakah memungkinkan untuk membuat sumur.

Untuk membuat hunian yang sehat juga penting mengetahui apakah daerah tersebut punya sarana pembuangan sampah yang mudah untuk hunian ideal.

4. Kondisikan Dengan Keuangan

Harga tanah tentu saja tidak murah apalagi jika membelinya di lokasi yang strategis. Saat ini selain bisa membeli tanah dengan uang tunai bisa juga membeli secara kredit. Namun jika membeli tanah dikategori kredit maka anda harus teliti dalam menghitung berapa uang muka dan besaran angsuran serta tenornya.

Anda bisa membandingkan penawaran kredit tanah dari beberapa tempat untuk mendapatkan yang paling menguntungkan dengan bunga ringan. Beli tanah secara kredit tentu saja bisa dijadikan alternatif untuk Anda yang ingin punya tanah sebagai tempat mendirikan hunian atau sarana investasi.

5. Lakukan Negosiasi

Penting juga bagi anda untuk melakukan negosiasi saat ingin beli tanah. Karena harga tanah yang murah tentu saja diinginkan siapapun bahkan meski harga tanah berkurang 5% itu sudah cukup menguntungkan.

Lakukan proses negosiasi secara langsung dengan tatap muka dan ajukan harga sesuai kondisi fisik tanah agar dapat mencapai kesepakatan.

Untuk yang beli tanah lewat situs jual beli online pastikan tanah yang dibeli tidak mengalami sengketa. Anda bisa memanfaatkan situs jual beli online yang menawarkan jenis tanah kavling, dengan kisaran harga yang berbeda-beda sesuai budget.

Salah satunya Anda bisa memanfaatkan Rumah.com untuk beli tanah di situs properti terdepan dan terpercaya di Indonesia. Ketika beli tanah pastikan status penjual sudah terverifikasi, agar tidak terjadi penipuan dan bisa pelacakan data penjual secara lengkap.

Di situs properti ini, Anda tidak hanya bisa menemukan jual beli tanah tapi juga rumah, apartemen, sewa hunian dan sewa gedung serta sewa gudang. Pastinya Anda bisa menemukan properti untuk investasi pula dengan berbagai tipe dan ukuran. Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi website rumah.com.